Selasa, 07 Februari 2017

(Ngomongin Film) 12 Angry Men

Satu lagi judul film rekomendasi suami yang ku tonton hari ini. Meski suami sudah nonton, seperti biasa dia akan tetap ada di sampingku, ikutan nonton dan ya sesekali berkomentar. Baiknya, ia bisa stay cool tak bergeming kalau aku mulai nyericis bertanya-tanya yang sebenarnya tidak terlalu membutuhkan jawaban yang justru aku akan marah kalau sampai spoiler, wkwkwk. Kece memang! Sayang, maafkan daku....

Judul filmnya adalah 12 Angry Men. Ada yang sudah nonton?


Film hitam putih produksi tahun 1957 ini hanya punya satu setting utama: ruangan kecil dengan 1 meja, 12 kursi (ada wc sepertinya), dan tentu saja 12 pria 'marah' dengan berbagai macam latar belakang di dalamnya. Kedua belas pria ini adalah juri sebuah persidangan yang akan memutuskan bersalah tidaknya seorang anak laki-laki usia 18 tahun atas tuduhan pembunuhan terhadap ayahnya. Jika dinyatakan bersalah, anak ini akan di hukumi mati di atas kursi listrik.

Langkah awal penentuan keputusan dilakukan dengan cara voting. Sebelas juri menyatakan bahwa anak tersebut bersalah karena memang semua bukti dan saksi menyatakan demikian. Namun ada seorang juri yang ragu (di akhir film diketahui namanya Davis), apakah anak ini bersalah atau tidak. Dari sinilah film memulai intriknya. Adu argumen, analisa, emosi, 'main' detektif-detektifan, gebrak-gebrak meja terjadi di ruangan tersebut.

Durasi sekitar 100 menit dengan hanya satu setting utama tak membuatku bosan menonton film ini. Film ini sangat cerdas dengan dialog-dialog yang cerdas. Film ini mengulik hati nurani manusia untuk tidak semena-mena atau asal-asalan dalam memutuskan suatu perkara. Apalagi ini menyangkut nyawa manusia. Film ini mengajak penonton untuk belajar memahami sesuatu secara mendalam dan tidak hanya melihat dari satu sudut pandang.

Melihat hanya dari satu sudut pandang hanya akan membuatmu percaya bahwa sudutmu lah yang paling benar, tapi kau mungkin akan kehilangan kebenaran yang lain.

Bagaimana akhir film ini? Silahkan tonton sendiri ^^


Bali, 2 Februari 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar